Arti Kata Akeup dan Ngakeup dalam Kamus Bahasa Sunda

Arti Kata Akeup dan Ngakeup dalam Kamus Bahasa Sunda


Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat Jawa Barat, Banten, dan sebagian Jakarta. Bahasa Sunda memiliki banyak kata yang kaya makna dan nuansa, salah satunya adalah kata akeup dan ngakeup. Apa arti kata akeup dan ngakeup dalam kamus bahasa Sunda? Berikut penjelasannya.

Kata akeup dan ngakeup berasal dari kata dasar akep, yang berarti dekat atau rapat. Kata akep bisa ditambahkan akhiran U untuk menunjukkan bentuk perintah, sehingga menjadi akeup. Kata akeup berarti mendekatkan atau merapatkan sesuatu. Contoh kalimatnya adalah:

Akeup jangjangna! (Dekatkan kakinya!)

Akeup kaca mata anjeun! (Rapatkan kacamata kamu!)

Kata akep juga bisa ditambahkan awalan N- untuk menunjukkan bentuk kata kerja aktif, sehingga menjadi ngakeup. Kata ngakeup berarti menggendong anak pada dada atau mendekap sesuatu. Contoh kalimatnya adalah:

Bapa ngakeup anakna nu geus bobo. (Bapak menggendong anaknya yang sudah tidur.)

Anjeunna ngakeup buku nu dicokot ti perpustakaan. (Dia mendekap buku yang dibawa dari perpustakaan.)

Kata akeup dan ngakeup termasuk ke dalam kelas kata pagawean atau kata kerja (verba) dalam bahasa Sunda. Kata-kata ini bisa digunakan untuk menyatakan aksi atau aktivitas yang dilakukan oleh subjek. Kata-kata ini juga bisa menunjukkan rasa sayang, kasih, atau cinta kepada sesuatu atau seseorang.

Demikian artikel tentang arti kata akeup dan ngakeup dalam kamus bahasa Sunda. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang bahasa Sunda.