Arti Kata Alah dalam Kamus Bahasa Sunda

Arti Kata Alah dalam Kamus Bahasa Sunda


Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat Jawa Barat, Banten, dan sebagian Jakarta. Bahasa Sunda memiliki banyak kata yang kaya makna dan nuansa, salah satunya adalah kata alah. Apa arti kata alah dalam kamus bahasa Sunda? Berikut penjelasannya.

Kata alah berasal dari kata dasar ala, yang berarti sakit atau tidak enak. Kata ala bisa ditambahkan akhiran H untuk menunjukkan bentuk seru, sehingga menjadi alah. Kata alah berarti aduh, termasuk morfem dasar bebas. Alah, aduh, alahieung merupakan kecap panyeluk untuk mengungkapkan rasa sakit. Contoh kalimatnya adalah:

Alah ieu suku nyeri ulah ditinjak. (Aduh ini kaki sakit jangan diinjak.)

Alahieung ieu gigi ngilu ulah dicocol. (Aduh ini gigi ngilu jangan dicocol.)

Kata alah termasuk ke dalam kelas kata pagawean atau kata kerja (verba) dalam bahasa Sunda. Kata-kata ini bisa digunakan untuk menyatakan aksi atau aktivitas yang dilakukan oleh subjek. Kata-kata ini juga bisa menunjukkan rasa tidak nyaman, tidak senang, atau tidak puas terhadap sesuatu atau seseorang.

Demikian artikel tentang arti kata alah dalam kamus bahasa Sunda. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang bahasa Sunda. Terima kasih