Arti Yeuh dan Deuh dalam Kamus Bahasa Sunda

Arti Yeuh dan Deuh dalam Kamus Bahasa Sunda


Dalam kamus bahasa sunda kata yeuh dan deuh adalah kosakata yang sering diucapkan dalam percakapan sehari-hari di kalangan orang Sunda. Kata yeuh dan deuh termasuk kecap anteuran atau kecap panganteur yang memiliki arti aspek inkoatif (kalakuan mimiti). Artinya, kata-kata ini menunjukkan suatu tindakan yang baru dimulai atau sedang berlangsung

Arti kata yeuh dalam terjemahan bahasa Indonesia adalah ‘nih’. Kata yeuh berfungsi untuk menyodorkan sesuatu. Biasanya untuk mengantarkan kata bawa atau cokot (loma) dan candak (lemes). Kata bawa, cokot dan candak merupakan sinonim, artinya 'bawa’

Arti deuh dalam terjemahan bahasa Indonesia ialah ‘sini’. Kata deuh berfungsi untuk mengambil atau mempersilakan orang lain untuk memberikan ke penutur.

Dalam undak usuk bahasa Sunda, kata deuh termasuk bahasa loma. Bahasa halusnya yaitu beu. Kata deuh dan beu biasanya berfungsi untuk mengantarkan kata kadieukeun (ke sinikan), ka urangkeun (ke sayakan), atau ka abdikeun (ke sayakan)

Contoh penerapan dalam percakapan:

Udin : Jang hayang nangka? (Jang mau nangka?) Ujang : Hayang. (Mau) Udin : Yeuh cokot! (Nih ambil!)

Udin : Jang ieu kapihapéan duit ti Mang Asep. (Jang ini saya ketitipan uang dari Mang Asep) Ujang : Deuh kadieukeun! / beu kadieukeun (Mari ke sinikan)

Demikianlah Arti Yeuh dan Deuh dalam Kamus Bahasa Sunda semoga dapat bermanfaat terimakasih.