Arti Kata Akut dan Ngakut dalam Kamus Bahasa Sunda

Arti Kata Akut dan Ngakut dalam Kamus Bahasa Sunda


Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat Jawa Barat, Banten, Jakarta, dan sebagian Lampung. Bahasa Sunda memiliki banyak kata yang memiliki makna beragam tergantung pada konteks dan penggunaannya. Salah satu contoh adalah kata akut dan ngakut. Apa arti kata akut dan ngakut dalam kamus bahasa Sunda? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Kata akut dan ngakut adalah kata kerja yang berhubungan dengan aktivitas mengangkut atau memindahkan sesuatu. Kata akut adalah bentuk dasar yang bisa digunakan sebagai perintah, sedangkan kata ngakut adalah bentuk aktif yang ditambahkan awalan ng-. Berikut adalah makna dan contoh kalimat dari kata akut dan ngakut:

Akut: artinya angkut, pindah, atau bawa. Contoh: Akut maneh padi ti sawah ka kampung (Angkutlah kalian padi dari sawah ke kampung). Akut maneh barang-barang anjeun ka mobil (Bawalah kalian barang-barang kalian ke mobil).

Ngakut: artinya mengangkut, memindahkan, atau membawa. Contoh: Ngakut maneh padi ti sawah ka kampung (Mengangkutlah kalian padi dari sawah ke kampung). Ngakut maneh barang-barang anjeun ka mobil (Membawalah kalian barang-barang kalian ke mobil).

Selain itu, kata akut dan ngakut juga memiliki beberapa bentuk turunan yang memiliki makna berbeda. Berikut adalah beberapa bentuk turunan dari kata akut dan ngakut:

Diakut: artinya diangkut, dipindahkan, atau dibawa (bentuk pasif). Contoh: Padi téh diakut ku si Udin (Padi itu diangkut oleh Udin).

Diakutan: artinya diangkut, dipindahkan, atau dibawa (bentuk jamak). Contoh: Padi-padi téh diakutan ku bocah-bocah (Padi-padi itu diangkut oleh anak-anak).

Pangakeun: artinya (minta orang lain untuk) mengangkuti, memindahkan, atau membawakan. Contoh: Pangakeun maneh padi nu lebar ka lumbung (Angkutilah saya padi yang besar ke lumbung).

Mangakeun: artinya (membantu orang lain untuk) mengangkuti, memindahkan, atau membawakan. Contoh: Mangakeun abdi rék ngakut padi nu lebar (Bantulah saya mau mengangkuti padi yang besar).

Arakutan: artinya angkuti, pindahkan, atau bawakan (bentuk jamak untuk orang yang diperintah lebih dari seorang). Contoh: Arakutan maneh padi nu lebar-lebar! (Angkutilah kalian padi yang besar-besar!).

Ngakutan: artinya mengangkuti, memindahkan, atau membawakan (bentuk aktif dengan objek lebih dari satu). Contoh: Ngakutan maneh padi nu lebar-lebar! (Mengangkutilah kalian padi yang besar-besar!).

Demikianlah arti kata akut dan ngakut dalam kamus bahasa Sunda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar bahasa Sunda.