Arti Kata Ngider dalam Kamus Bahasa Sunda

Arti Kata Ngider dalam Kamus Bahasa Sunda


Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat Jawa Barat, Banten, Jakarta, dan sebagian Lampung. Bahasa Sunda memiliki berbagai tingkatan atau ragam, seperti basa Sunda halus, basa Sunda loma, basa Sunda kasar, dan basa Sunda campuran. Salah satu kata yang memiliki perbedaan makna dan penggunaan berdasarkan tingkatan bahasa Sunda adalah kata ngider.

Kata ngider adalah basa Sunda loma yang berarti pergi ke beberapa tempat, mengunjungi banyak tempat, bepergian, berkeliling, menjelajah.

Kata ini biasanya digunakan untuk menyatakan aktivitas seseorang yang suka berpindah-pindah tempat tanpa tujuan tertentu atau hanya sekadar mencari hiburan. Contoh kalimat:

Anjeunna ngider ka mana wae lamun boga waktu luang. (Dia pergi ke mana saja kalau punya waktu luang.)

Ngider ka kota teh asik pisan, bisa ningali anu anyar- anyar. (Berjalan ke kota itu sangat menyenangkan, bisa melihat yang baru-baru.)

Abdi teu ngan ngider ka imah batur, tapi ogé ka warung jeung pasar. (Saya tidak hanya pergi ke rumah teman, tapi juga ke warung dan pasar.)

Kata ngider juga bisa dibentuk menjadi kata turunan dengan menambahkan imbuhan atau reduplikasi.

Beberapa contoh kata turunan dari ngider adalah:

Ngiderkeun: menjajakan, membawa berkeliling.
Diiderkeun: dijajakan, dikelilingkan.
Diider: dijelajahi, dikunjungi, dikelilingi, dicari.
Alider: jelajahi, kelilingi (kata perintah).
Kaider: sudah dikelilingi/dijelajah.
Pangiderkeun: tolong jajakan.
Ngalalider: ngider (jamak).
Ider-ideran: keluyuran.
Udar ider: pergi tidak jelas tanpa kabar.

Kata lawan dari ngider adalah cicing dan reureuh, yang berarti berdiam di rumah atau tidak keluar rumah. Contoh kalimat:

Anjeunna cicing wae di imahna, teu pernah ngider ka luar. (Dia diam saja di rumahnya, tidak pernah pergi ke luar.)

Reureuh kuring ninggalkeun anjeunna di imah sorangan. (Sayang saya meninggalkan dia di rumah sendirian.)

Kata ngider memiliki padanan dalam basa Sunda halus, yaitu angkat-angkatan. Kata angkat-angkatan juga berarti pergi ke beberapa tempat, tetapi lebih sopan dan hormat daripada kata ngider.

Contoh kalimat:

Angkat-angkatan ka Bandung teh pikeun ningali anjeun nu geus lulus kuliah. (Pergi ke Bandung itu untuk melihat Anda yang sudah lulus kuliah.)

Angkat-angkatan ka imah batur teh pikeun nyumputkeun diri ti masalah. (Pergi ke rumah teman itu untuk menyembunyikan diri dari masalah.)

Demikianlah artikel tentang arti kata ngider dalam kamus bahasa Sunda. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang bahasa Sunda.